Mobi Groups
Download Free Apps & Games @ PHONEKY.com

CINTARASUL - Topics
Create Your Own App Store

* CINTARASUL > Topics


Subject: Tanya Jawab
Replies: 61 Views: 5113
1-> 7->>

kocloq 24.11.08 - 10:24pm
Topik ini dibuat untuk mengakomodir teman2 yg ingin bertanya tentang suatu hal khususnya yg berkaitan dengan topik. Ok saya batasi saja yg berkaitan dengan topik saja yah... Dan siapapun boleh menjawab pertanyaan dr temen2, jd yg menjwb tdk terbatas/tdk hrs temen yg pny topik tsb. Siapapun yg bs menjwb pertanyaan dari temen2 langsung saja posting... *

g44_gisa 23.01.09 - 02:09pm
napa y kang..kl ngaji pas surat at-taubah tu gk pk basmalah? waiting.GIF jwbn'e *

xram2 6.02.09 - 11:54pm
Katanya (kata orang2) surath taubah itu penuh dgn wa'id (khobar menakutkan) sehingga berlawanan dgn arti basmalah yg maha mengasih dan menyayang. Wallohu aklam. c*ma dalil begini lemah. Sbb hadist menyuruh kpd kita untuk mengucap basmalah ktk akan memulai sesuatu amal perbuatan. Bahkan ketika akan membuang hajat sekalipun kita disuruh dgn memulai dgn basmalah, hanya haram dijohirkan ktk kita didalam wc tersebut atau ketika berhadast besar seperti haid atau junub. *

xram2 7.02.09 - 12:08am
Tidak ada hadist atau ayat qur'an yg mengatakan tentang pelarangan membaca basmalah ktk akan membaca surah at-taubah tersebut kecuali dgn dalil yg disebutkan diatas. Ijma' ulama pun tdk jelas dalam hal itu. Jadi menurutku pernyataan itu sangat lemah. *

ajis 18.02.09 - 11:06pm
Tanya: apakah org tua rasululloh termasuk org2 kafir? *

xram2 23.02.09 - 12:37am
Untuk menjawab pertanyaan dari sdr @ajis, kita lihat dulu satu persatu masalahnya. Rasul- seorang laki2, baligh dan beraqal, BAIK KETURUNANNYA, dianugerahi ilmu, disuruh menyampaikan (ilmu tersebut). Dari kata baik keturunannya ini saja masalah itu sudah dapat terjawab, bahwa mustahil pada hukum syara' jika dikatakan seorang rasul dan nabi berasal dari keturunan yg nista, sbb sudah barang tentu akan sangat merendahkan derajat kerasulan dan kenabian mereka dimata m ia. *

xram2 23.02.09 - 12:45am
Kemudian masalah kafir. Dalam bhs kita disebut ingkar atau engkar. Yakni orang2 yg engkar akan alloh dan rasulnya. Kufur ini bnyk macamnya. Kafir pd bathin* yakni islam johirnya, tapi bathinnya myusrik menyekutukan alloh. Kufur pd agama* yakni org2 yg tidak memeluk agama islam. Kufur nikmat* yakni org2 yg berbuat maksiat dgn anggota tubuh dan harta benda.
*

xram2 23.02.09 - 01:03am
Rasul2 sebelum muhammad s.a.w, pabila mrk wafat atau diangkat seperti isa a.s, maka syari'at mrk pun ikut serta diangkat hingga datang rasul yg lainnya pada kaum tersebut. Zaman antara satu rasul dgn satu rasul lainnya dinamakan zaman fitrah. Bagaimana hukuman pada zaman fitrah ini, wallohu aklam. Ada ulama menyebutkan, mrk yg berbudi baik dijaman fitrah ini tergolong pd org2 mukmin, dan org2 yg selalu berbuat kejahatan tergolong kpd org2 kafir, wallohu a'lam. Maaf, kalau penjelasannya terpaksa panjang lebar begini.
*

xram2 23.02.09 - 01:13am
Ortu dari rasululloh adalah abdullah dan siti aminah dari bani quraisy yg beriman kpd nabi ibrahim dan ismail. Mereka (ortu rasul) dalam sejarah dikatakan adalah org2 yg berakhlak mulia dan taat kpd ajaran ibrahim dan ismail yg didapat melalui khobar dari mulut kemulut pada wkt itu. Jadi kesimpulannya, bahwa iman mereka sah dan mereka termasuk org2 mukmin dan bukan org kafir. Syukron....
*

anoyrs 3.03.09 - 10:01pm
Af1... Mo nanya neh maklum dlm tarap bljr he3... Dlm shalawat wahidiyah disinggung ttng hal menjernihkan hati. Tolong dunk dijelaskan ttng hal tsb (mksud, manfaat, dasar hkmnya, cara dll tntng kejernihan hati tsb). Af1 bila pertanyaanya panjang. Sblmnya sy ucapkn bnyk trims.. *

beice 4.03.09 - 09:21pm
Menjernihkn hati adlh membebaskn hati dr pengaruh2 nafsu yg senantiasa berusaha dan bertipudaya utk menguasai hati m ia. Manfaatny bnyk sekali al: 1. Utk menghindarkn m ia dr kejahatan dan kehancuran dunia akherat. Krn nafsu itu selamany mengajak dan mengarahkn pd perbuatn jahat dan sesat. Sbgmn firman Allah dl Surat Yusuf ayat 54: Dan aku tdk akan membiarkn nafsuku (menguasai diriku) karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kpd kejahatan, kecuali nafsu yg diberi rahmat oleh Tuhan-ku. *

xram2 5.03.09 - 01:40am
**dalam hati m ia itu ada penyakit atau najis (marodun qulub) dan pabila tidak segera dibuang atau dibersihkan *fazaa dahumulloohu marodo* maka akan bertambah2 dan berlapis2 hingga pada suatu tahap *khotamalloohu '3ala sam '3ihim* hati itu menjadi mati (khotama) dari pada yg HAQ. Hati yg mati yg tidak menerima akan setiap kebenaran. *

xram2 5.03.09 - 01:55am
Imam muhammad al ghozali menulis didlm kitab ihya ulumiddin *hati itu sebagai raja, tubuh sebagai negrinya, khawas yg 5 sebagai rakyatnya, tangan dan kaki sebagai bala tentaranya. Pabila bersih hati itu maka sejahteralah seluruh anggota, sebaliknya jika kotor hati itu maka rusak binasa lah semuanya. Segala perbuatan dimulai dari hati dgn *inna a'3malu bin niat* yg diawali dgn hati (niat) yg bersih dan senantiasa muraqabah dalam perjalanannya. *

xram2 5.03.09 - 02:07am
Masalah hati hanya terjangkau dgn ilmu tasawuf. Menjalankan tarekhat ahli shufi dgn mengamalkan sifat2 mahmudah dan meninggalkan seluruh sifat2 mazmumah. Sesungguhnya hati m ia itu memiliki dinding (hijab) hingga 7 lapis. Ilmu dan amalan sifat2 mahmudah yg dijalankan dgn sungguh2 tiada berkeputusan untuk menembus hijab2 tersebut. Ktk seluruh hijab sudah terangkat maka bersihlah hati itu. Yg semula dari luar ke dalam, maka berubah dgn dari dalam keluar. *

beice 5.03.09 - 07:09am
Syukron atas penjelasnya Akhi xram... Melanjutkn apa yg sdh sy sampkn tentang manfaat menjernihkn hati. Yg ke2 : untk menjdkn m ia baik lahir dan batinya, yg disebbkn hatinya bersih dr kotoran2 nafsu. Sbgm sabda Rasulullah SAW: Sesungguhnya di dlm jasad m ia itu ada segumpal daging, apbl segumpal daging itu baik, menjadi baik pulalah jasad. Dan apbl rusak/kotor, menjd rusak pula seluruh jasad. Ketauhilah yaitu hati. (HR. Bukhari).
3. Untuk mendayagunakan sgl aspek kehidupan terutama dlm pengabdian diri kpd Allah SWT. Allah berfirman dlm Surat Asy Syu'aroo 88-89 yg artinya: Pada hari yg tdk bermanfaat harta benda dan tdk bermanfaat(berguna) pula anak2 (hari qiyamat). Kecuali orang yg datang kehadirat Allah dngn hati yg suci (bersih dr syirik dan ma'asyi). *

beice 5.03.09 - 07:22am
Menjernihkan hati hukumny wajib 'ain, sbgmn pernyataan pr ulama terutama ulama sufi : Tazkiyatun nafsi 'anir radzaili waajibatu, Menjernihkan (membersihkn) jiwa (hati) dari kotoran nafsu adalah wajib.
Wajib disini dlm arti hrs diusahakan oleh setiap orang. Baik pria wanita tua muda dr golongan dan bangsa manapun juga, semuany wajib menjernihkn hati dlm rangka mencapai hidup slamat sejahtera bahagia lahir batin dunia dan akherat. *

xram2 6.03.09 - 02:22am
Benar akhi beice, membersihkan hati adalah fardlu ai'n yakni wajib pada tiap2 mukallaf yg baligh lagi berakal. Sesungguhnya maksiat hati (sifat2 mazmumah) adalah najis didalam bathin. Maka yg menghadap kpd alloh adalah hati ini. Maka wajib pula hati itu untuk suci ketika menghadap, jika masih ada dari padanya najis, maka hati itu akan mardud atau ditolak.
*

beice 6.03.09 - 09:29pm
Hati adlh organ yg plng vital dlm hidup kita. Ia menjd penentu sgl kebaikn dlm kehidupan kita. Maka hati hrslah bersih dan sehat. Bkn hny hrs sehat scr fisik, tp lbh menentukn dr itu, sehat scr batin. Krn sgl amal perbuatn mrpkn hasil keputusan dr Dewan Perancang Kebaikan yg berpusat di hati. Hatilah yg menentukn apakah kita akn melakukan sesuatu yg baik atau buruk. Sedang akal hny memikirkn dan menimbangny, tdk mengambil keputusan. *

beice 7.03.09 - 09:46am
Ini bs mjd ukuran. Artinya ketika seseorang melakukan kemaksiatan, dan maksiat itu dilakukan terus menerus maka hatilah yg hrs diperiksa pertama kali. Kmd diobati, dibersihkn agar ia tdk terus menerus mengambil keputusan yg salah. Sbgmn hadits diatas, hati adlh segumpal daging, tapi ia bs berkarat seperti berkaratny besi. Ad Daraini berkata, Setiap sesuatu ada karatnya dan karatnya cahaya hati adlh dimulai dari perut yg kenyang. *

beice 7.03.09 - 10:30pm
Jika kenyangny krn makanan yg tdk jelas kehalalany maka akan dgn mudah hati berkarat. Cahayany akan redup dan akan sulit membedakan antara yg haq dan yg batil. Tdk heran jika dewan yg berkuasa di dlm hati adlh dewan perancang kejahatan.
Jika hati sdh dmkn maka tdk blh tdk hati itu wajib diobati. Maka dlm Wahidiyah tlh dijelaskn bhw obat yg plng mujarab utk mengobati hati yg sakit dan membersihkn dr kotoran2 yg sdh berkarat adlh dengan membaca shalawat kpd Nabi SAW. Ini berdsrkn sabda beliau dlm beberp haditsnya.
Bacalah (olehmu sekalian) shalawat kpdku. Maka sesungguhnya shalawat kpdku itu merupakan penebus dosa dan pembersih diri kamu sekalian. Dan barangsiapa membaca shalawat kepdku satu kali, maka Allah memberi shalawat kpdnya sepuluh kali. (HR. Ibnu Ashim dari Anas bin Malik) *

beice 7.03.09 - 10:43pm
Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku, maka sesungguhnya bacaan shalawat kpdku itu merupakan ampunan atas dosa-dosa kamu sekalian dan carilah wasilah kepadaku dan derajat yg tinggi, maka sesungguhnya wasilahku disisi Tuhanku merupakan syafaat bagi kamu sekalian. (HR. Ibnu Asakir dari Hasan) *

beice 7.03.09 - 10:55pm
Dlm haditsnya yg lain beliau bersabda, Setiap segala sesuatu ada pencuci dan pembersihnya. Adapun pencuci dan pembersih hati orang2 mukmin dari kotoran-kotorannya adalah dengan membaca shalawat kepadaku. (Al Hadits)
Intinya adalah perbuatan maksiat sekecil apapun jangan sampai kita remehkan. Krn ia akan menjd karat, hijab dan bencana dlm hidup ini. Krn itu marilah kita selalu istighfar memohon ampun kpd Allah dan memperbanyak membaca shalawat. Agar hati kita bersih dan terbebas dari belenggu yg menguasainya. Allahu a'lam... *

suluh 13.03.09 - 03:11pm
1.Telah berkata anas:Bahwasanya seorang laki2 pernah bertanya:Ya Rasulullah! Dimanakah tempat ayah saya? Sabdanya:dineraka..Maka ketika orng itu hendak pergi,dipanggil oleh Rasulullah ,lalu Sabdanya:''sesungguhnya ayahku dan ayahmu dineraka''(HR MUSLIM)...2.Sesungguhnya aku pernah mintakan izin kpd Tuhanku Yang Maha Mulia buat aku pintakan ampun buat ibuku maka tdk DIA izinkan bagiku.Karena itu aku menangis karena ia masuk neraka(HR AHMAD) *

suluh 13.03.09 - 03:50pm
Telah berkata Ibnu Mas'ud:Pernah keluar Rasulullah SAW pd suatu hari kekuburan dan kami turut beliau sehingga beliau duduk menghadap satu kubur lalu beliau mendoa dgn doa yg panjang kemudian beliau menangis dan kita sekalian turut menangis kemudian beliau berdiri lalu berdiri pula Umar bin Khath-thab kpdnya lalu beliau bersabda:apakah yg menyebabkan kamu menangis? jwb kami:kami menangis itu karena tangisan tuan...Kemudian beliau bersabda:'Bahwa kubur yg aku duduki td kubur Aminah(ibuku)dan aku minta izin kepada Tuhanku untk mendoakan baginya ttp DIA tdk memberi izin kpdku dan ia menurunkan firman kpdku(QS AT-TAUBAH 113)yg artinya :Tdk boleh Nabi dan orang2 yg beriman memintakan ampun bg orng2 yg musyrik,walaupun mereka itu kaum keluarga yg dekat sesudah ternyata mereka itu ahli neraka..(HR Abu Hatim) *

suluh 13.03.09 - 04:03pm
Wlpn bgt tak perlu kita mempermasalahkan itu karena bukan bagian dr syariat .....Maaf bknkah kita cm diwajibkan memuliakan RASULULLAH SAW dan risalah yg dia bawa.Dan risalah yg dpt kita ambil maknanya dr kasus ini adlh tdk ada nepotisme *

suluh 13.03.09 - 05:04pm
Ngantuk euy ...Sekali lagi bukan maksud saya merendahkan derajat Rasulullah SAW junjungan kita tercinta..Bila ada yg bs mengmbil hikmah atau pelajaran dr hadits yg saya post mohon menambahkan..Insya allah kemulian RASULULLAH SAW terletak pd akhlaqul karimah dan risalah yg dia bawa...Wallahu muwafiq ila aqwamiththariq *

suluh 13.03.09 - 05:34pm
Pelajaran yg kedua yg dpt saya ambil adlh kejujuran junjungan kita Rasulullah SAW. *

suluh 14.03.09 - 08:22am
Allahumma shalli ala muhammad *

suluh 14.03.09 - 08:30am
Abu bakar ra pernah berkata:''apapun yg dikatakan Rasulullah SAW adlh benar dan aku mengimaninya..Dptkh kita renungkan makna ucapan itu..Astagfirullah al adzim..Subhanallah walhamdulillah wala illa ha ilallah allahu akbar...Allahumma shalli ala Muhammad wa ala aliy Muhammad *

suluh 14.03.09 - 02:30pm
Ada jg pendapat lain yg mengatakan bhw orang tua Rasulullah SAW masuk surga berdasar pd hadits 2 berikut ini..Telah berkata aisyah ra:sesungguhnya NABI SAW pernah turun ketempat yg bernama hajun dgn susah n duka cita dan dia tinggal disana semasa yg dikehendaki ALLAH YG MAHA BESAR DAN MULIA,kemudian ia kembali dg sukacita mk saya bertanya:ya Rasulullah! Tuan turun dgn dukacita lalu kembali dgn sukacita.Sabda Rasulullah SAW: Aku minta Tuhan hidupkan ibuku karenaku mk ALLAH hidupkan ibuku karenaku lalu ia beriman karenaku lalu DIA matikan ibuku kembali (HR IBNU MADJAH) *

suluh 14.03.09 - 02:44pm
Hadits ke 2.. Telah berkata ali ra: Tlh bersabda Rasulullah SAW:: Jibril pernah datang kepada saya lalu berkata:sesungguhnya ALLAH mengucapkan salam kpd tuan dan berkata:Sesungguhnya AKU tlh haramkan api ats shulbi yg menurunkan engkau dan perut yg mengandung engkau dan pangkuan yg memelihara engkau(abdullah,aminah,abdul muth thalib dan fatimah binti asad)..(HR Baihaqie) *

suluh 14.03.09 - 03:07pm
Allahumma shalli ala muhammad *

suluh 14.03.09 - 03:12pm
Ada jg ayat 15 surat AL ISRA yg artinya:maka adlh kami tdk menyiksa melainkan sesudah KAMI mengutus satu utusan ... *

suluh 14.03.09 - 03:32pm
Dr sa'id bin musaiyab,dari bapaknya ,ia berkata:ktk abu thalib hampir mati Rasulullah dtng kpdnya dan disana ada abu jahal dan abdullah bin abi umaiyah mk Rasulullah bersabda kpd abu thalib :ya pamanku ucapknlah lailahailallah,satu kalimah yg dgn itu aku akn menyaksikan ke islaman mu di hdpn ALLAH..,ktk itu abu jahal berkata ya abu thalib apkh engkau mau keluar dr agama abdul muth-thalib? Maka Rasulullah trz mengulangi perkataannya hingga akhir perkataan abu thalib bhw ia tetap atas agama abdul muththalib n ia enggan mengucap la ilahailallah maka kata Rasulullah :Demi ALLAH aku akan mintakan ampun bagimu selama aku blm dilarang..Lalu turun ayat yg artinya: Tdk boleh Nabi dan orng2 yg beriman memintakan ampun bg musyrikin...(HR BUKHARIE dan MUSLIM) *

suluh 14.03.09 - 03:44pm
Spt yg saya blng di hal sblmnya karena ini bkn perkara ibadah maka kedua blh pihak blh dipakai pendapatnya wlpn salah satu pendapat ada lemah di sanadnya..Yg perlu kita pahami adlh masalah surga dan neraka itu adlh mslh ghaib dan hanya ALLAH SWT yg maha tau rahasia diblk itu..Tak perlu kita terlalu mempermasalahkan apkh orang tua nabi ahli surga ato bukan yg lebih perlu kita muliakan dan kita mengimaninya adlh bahwa MUHAMMAD ITU UTUSAN ALLAH..Dat's d point...Kita muliakan Rasulullah SAW sbg m ia yg berakhlaq plng mulia dan kita imani ajaran/ risalah/agama yg beliau bawa untk kita sbg pelita sampai akhir zaman...Wallahu a'lamu bis shawab *

suluh 14.03.09 - 03:48pm
Kerana saya kurang bs bertutur mohon mas ato mba sudi mengedit postingan saya...Afwan n syukran *

kocloq 14.03.09 - 06:59pm
Syukron atas penjelasanya Akhi... *

xram2 15.03.09 - 06:19am
Bro suluh, saya tidak berani untuk mengatakan suatu hadist itu doif atau sohih atau salah dalam penafsiran. c*ma saya akan memberikan fakta2 yg bersesuaian dgn hukum. Bilamanakah akan disebut kafir, myusrik dan munafiq? Disebut kafir yaitu apabila telah sampai utusan (rasul) dan mereka ingkar mendustakan rasul tersebut. Disebut myusrik yaitu islam johirnya tapi itiqodnya menyekutukan alloh baik itu zat, sifat dan af'alNYA. Disebut dgn munafiq yaitu islam zohirnya tapi melakukan perbuatan2 yg dikategorikan dlm sifat2 munafiq. Hal ini bersesuaian dgn firman alloh yg telah bro suluh sebutkan diatas yakni **kami tidak menghukum sampai didatangkan kpd mrk seorang rasul. *

xram2 15.03.09 - 06:39am
Maka dalam hukum, yg namanya hukum syara' itu diberlakukan setelah datangnya seorang rasul. Dan juga rasul2 sebelum muhammad s.a.w, mereka hanya diutus untuk satu kaum atau negri dan pabila mrk(rasul2) wafat maka syari'atnya turut pula diangkat. Khusus dan istimewa muhammad rasululloh s.a.w, diutus untuk sekalian jin dan sekalian m ia dan tetap berlaku (syariat itu) hingga akhir jaman (kiamat). Kemudian kita lihat lagi garis keturunan rasululloh yg wajib untuk diketahui sekurang2nya pd 3 garis keturunan. Yaitu muhammad bin abdullah bin a.mutholib bin hasym bin khusyoy bin manaf bin dst sampai kpd bin adnan bin ismail bin ibrahim. *

xram2 15.03.09 - 06:57am
Kemudian dari ibunda siti aminah binti wahab bin manaf. Abdullah dan aminah bertemu pada manaf. Gunanya kita tahu tentang silsilah ini adalah agar kita tahu bhw muhammad adalah berketurunan yg baik. Balik ke pokok masalah, hal ini bukan soal sorga dan neraka, tapi masalah hukum. Kafir dan myusrik dihukumkan dgn syara'. Jadi jika ada hadist yg diartikan seolah-olah siti aminah org myusrik dan abdullah itu kafir, maka patut dipertanyakan. Rasul manakah yg didustakan atau diingkari oleh mereka?
*

suluh 15.03.09 - 07:46am
Hehe berarti salah satu hadits tsb shahih perawinya tp lemah di makna karena termansukh ayat 15 surat Al Isra...Alhamdulillah......Jd kl ada hadits yg menghalalkan sembelihan ahli kitab(nasrani dan yahudi) jg g shahih di makna karena syariat kitab yg mereka bawa tlh terangkat y boz? *

xram2 15.03.09 - 08:01am
Dengan dalil surat al-isra itulah bro, maka ulama menyimpulkan zaman antara satu rasul ke rasul lainnya disebut dgn zaman kekosongan atau zaman fitrah. Hukum disini adalah urusan alloh. Hanya dikatakan jika syariat rasul terdahulu tetap sah dipakai hingga datang rasul berikutnya. Dalam kaum qurays yaitu kaumnya nabi muhammad, setelah ibrahim dan ismail, tidak ada rasul yg lain yg diutus kepada kaum qurays ini hingga akhirnya kpd nabi kita muhammad. Dari silsilah keturunan nabi ishak lah yg bnyk rasul diturunkan. Menurut riwayat yg bisa dipertanggung jawabkan bahwa mulai dari adnan bin ismail sampai kepada abdullah bin abdul mutholib, mereka ini tetap memakai syari'at nabi ibrahim a.s. *

xram2 15.03.09 - 08:14am
Hal ini termaktub dalam riwayat abdullah ayahanda rasul. Abdullah dari masa pemuda telah digambarkan sebagai seorang yg berakhlak baik, tercermin dalam namanya abdullah yg bearti hamba alloh. Dan riwayat siti aminah yg diceritakan sebagai wanita bangsawan yg berbudi bahasa, juga berakhlak baik yg tergambar dalam nama aminah yakni terpercaya. Kemudian hadist menjelang kematian abu tholib, ktk abu jahil menyuruh untuk taat kpd agama bapa, yg dimaksud bukanlah abdul mutholib tetapi agama bapa nenek moyang yg mereka ada-adakan dgn menyembah berhala. Kepengurusan ka'bah diterima hasym bin khusoy yg kemudian diturunkan kpd abdul mutholib terus diambil abu uzza yakni abu lahab.
*

xram2 15.03.09 - 08:26am
Abu uzza atau abu lahab ini adalah anak dari abdul mutholib yg juga bearti paman dari nabi muhammad. Abu lahab inilah yg kemudiannya membawa berhala2 disekeliling ka'bah. Sebenarnya ada satu mukjizat rasululloh yg tidak ada dalam kitab manapun, tapi hanya riwayat turun temurun dari satu ulama ke ulama lainnya. Terserah mau dipercaya atau tidak. Yaitu tentang keimanan abu tholib paman rasul. Dihadapan org2 memang abu tholib tdk sempat mengucapkan syahadat ktk beliau mati. Namun ketika rasul berseorangan dgn jenazah abu tholib, rasululloh kemudian bermunajat kpd alloh agar pamannya dihidupkan kembali. Dan do'a rasul dikabuLkan alloh, maka abu tholib kemudian hidup kembali dan mengucapkan dua kalimah syahadat, untuk kemudian menghembuskan nafas terakhir kembali. Maka abu tholib mukmin zohir dan mukmin bathin. Wallohu a'lam. *

just_ron 15.03.09 - 09:59am
Apakah bershalawat dengan suara yang keras atau nyaring pernah dicontohkan oleh nabi Muhammad saw atau para sahabatnya?Terus ditempat saya ada seorang habib dan apabila mengadakan acara maulidan suka menyalakan petasan yg kira kira harganya mahal.Bagaimana menurut kalian tentang penyalaan petasan itu? *

xram2 15.03.09 - 11:46am
Mengenai ayat2 qur'an tentang halalnya sembelihan dari ahli kitab, yg perlu kita ketahui, ahli kitab yg dimaksud adalah para pengikut nabi musa dan nabi isa yg masih tetap berpegang pada ajaran yg asli bukan yg kemudian hanya diada-adakan seperti perjanjian lama, atau injil yahya dll. Dan ahli kitab ini berlaku sebelum muhammad s.a.w menjadi rasul atau syari'at islam belum sampai kpd mereka. Seperti riwayat pendeta buhairo yg telah melihat tanda2 kerasulan nabi muhammad ketika melakukan perjalanan ke negri syam. Pendeta buhairo inilah pengikut isa a.s yg asli, yg kemudian memesan kpd abu tholib agar muhammad tidak dibawa kenegri syam sbb khawatir disana akan dibunuh. Dan pendeta itu jg berkata akan beriman kpd muhammad jika kelak nabi muhammad telah menjadi rosul. *

xram2 15.03.09 - 11:57am
Membaca sholawat pabila dikerjakan berjama'ah tentunya akan kedengaran oleh jemaah lainnya. Kecuali bersholawat itu dilakukan sendiri-sendiri maka baru akan jadi masalah jika dinyaringkan sbb ianya bisa menjadi riya. Menyalakan petasan ketika menyambut hari besar islam seperti hari raya, tahun baru islam, maulid dll, oleh sebagian org dikatakan meniru kebudayaan hindu. Tapi oleh sebagian ulama, hal itu diperbolehkan demi membesarkan hari tersebut. Dan saya cenderung berpikiran yg sama dgn pendapat ulama ini.
*

suluh 15.03.09 - 12:36pm
Hehe kl shalawat sendiri tereak2 ntumah namanya fasiq..Tlh berkata Abu Musa Al Asy'ari: Bahwa ada orang pernah berdoa dgn menyaringkan suaranya.Maka Rasulullah SAW bersabda::hai m ia! Kasihanilah dirimu karena sesungguhnya kamu itu bukan berdoa kpd(Dzat ) yg tuli dan jauh tetapi kamu yg kamu seru itu ialah(Dzat) yg maha mendengar dan dekat(HR SHAHIH BUKHARIE dan MUSLIM)..Karena shalawat itu doa,lgan doa mah biasa aj dan yg wajar...Kl zaman sekarang buang2 duit buat petasan mending disumbangin aj duitnya buat fakir miskin ato salurin buat korban di gaza city kyna lbh bnyk manfaatnya dan ketauan lbh berkah *

just_ron 16.03.09 - 06:20am
Apakah benar wujud Nabi Muhammad saw tdk dpt dipalsukan atau ditiru oleh setan? Misal ada orang bermimpi bertemu Nabi SAW bhw itu benar wujud beliau..Maksi teman teman atas jawabannya thank_you.GIF *

xram2 16.03.09 - 12:18pm
Memang benar, kalau syeitan tdk bisa menyaru atau mengaku sebagai nabi muhammad. Hal itu sudah ditegaskan alloh dan ada juga dalam hadist. Dalam 3 tempat dari syeitan untuk menyesatkan m ia yaitu keluarnya dajjal, waktu sakaratul maut, dan dipadang mashar, tidak satupun diantaranya syeitan bisa menyaru atau mengaku sebagai nabi muhammad. Tetapi syeitan bisa menyaru atau mengaku sebagai tuhan. Timbul pertanyaan, knp bisa begitu? Adakah lebih mulia nabi muhammad drpd alloh sehingga syeitan bisa mengaku sebagai tuhan sedangkan mengaku sebagai muhammad tidak bisa? *

suluh 16.03.09 - 03:56pm
Mang pernah ada kasusnya boz? Ceritain donk n jelasin knp bisa bgt? Tp kyna mereka nipunya g bakal berhasil *

1-> 7->>


* Reply
* CINTARASUL Forum


Search:
topics replies


* CINTARASUL

Create Your Own App Store

topTop
groupsGroups
mainProdigits

Create Your Own App Store